Selasa, 07 Desember 2010

Perubahan kebudayaan


Perubahan social merupakan bagian dari perubahan budaya. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagian yang meliputi kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat dan lainnya. Akan tetapi perubahan tersebut tidak mempengaruhi organisasi social masyarakatnya. Ruang lingkup perubahan kebudayaan lebih luas dibandingkan perubahan social. Perubahan kebudayaan bertitik tolak dan timbul dari organisasi social.
Masyarakat adalah system hubungan dalam arti hubungan antar organisasi dan bukan hubungan antar sel.
Kebudayaan mencakup segenap cara berfikir dan bertingkah laku, yang timbul karena interaksi yang bersifat komunikatif seperti menyampaikan pikiran secara simbolik dan bukan warisan karena keturunan.
Kebudayaan merupakan kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hokum adat istiadat dan setiap kemampuan serta kebiasaan manusia sebagai warga masyarakat, maka perubahan kebudayaan adalah segala perubahan yang mencakup unsur-unsur tersebut.
Perubahan social dan perubahan kebudayaan mempunyai aspek yang sama yaitu keduanya bersangkut paut dengan suatu cara penerimaan cara-cara baru atau suatu perbaikan dalam cara suatu masyarakat memenuhi kebutuhannya.
Factor intern perubahan kebudayaan:
a.    Bertambah dan berkurangnya penduduk
b.    Konflik dalam masyarakat
c.    Adanya penemuan baru
Factor ektern perubahan kebudayaan:
a.    Peperangan
b.    Perubahan alam
c.    Pengaruh budaya asing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar